Pertama buat kelas utamanya:
Bangun.java
//program menghitung keliling, luas dan diagonal bangun package bangun;//nama package import java.util.Scanner;//deklarasi awal untuk package scanner public class BangunPada Program saya kali ini, bangun yang dipakai adalah persegi, persegi panjang dan segitiga. Kita bisa mengganti dengan bangun lain dan tentu saja dengan penyesuaian sintaks.
{
//deklarasi kelas Bangun static boolean ulang = true; //deklarasi variabel ulang dengan nilai true static int pil;//deklarasi nilai pil static char pil2;//deklarasi nilai pil2 public static void main(String[] args)
{//deklarasi fungsi utama Scanner masuk=new Scanner(System.in);//membuat objek dari scanner Bangun b = new Bangun();//membuat objek Bangun
do
{
//awal perulangan System.out.println("Masukkan pilihan anda!");//permintaan untuk memasukkan pilihan System.out.println("1. Persegi ");//menampilkan pilihan persegi System.out.println("2. Persegi panjang ");//menampilkan pilihan persegi panjang System.out.println("3. Segitiga ");//menampilkan pilihan segitiga System.out.println("4. Keluar ");//menampilkan pilihan keluar System.out.print(" : ");//menampilkan tempat inputan pil=masuk.nextInt();//membaca inputan
if (pil == 1)
{
//kondisi 1 persegi.main(args);//memanggil kelas persegi b.ulangan();//memanggil fungsi ulangan }//akhir kondisi 1
else if (pil == 2)
{//kondisi 2 Persegipanjang.main(args);//memanggil kelas Persegipanjang b.ulangan();//memanggil fungsi ulangan }//akhir kondisi 2
else if (pil == 3)
{//kondisi 3 segitiga.main(args);//memanggil kelas segitiga b.ulangan();//memanggil fungsi ulangan }//akhir kondisi 3
else
{//kondisi akhir System.exit(0);//keluar dari program }//akhir dari kondisi akhir } while (ulang == true);//syarat perulangan }//akhir dari fungsi utama public void ulangan()
{// mendeklarasikan fungsi ulangan Scanner masuk=new Scanner(System.in);//buat objek baru dari scanner System.out.println("Coba lagi?Y/N" );//meminta ulang atau tidak pil2=masuk.nextLine().charAt(0);//baca inputan if (pil2 =='Y') {//kondisi 'y' ulang = true;//perulangan dilanjutkan }//akhir kondisi 'y'
else if (pil2 == 'N') {//kondisi 'n' ulang = false;//perulangan distop }//akhir kondisi 'n'
else {//kondisi akhir System.out.println("Anda salah memasukkan pilihan");//tampilkan pesan error System.exit(0);//akhiri program }//akhir dari kondisi akhir }//akhir dari fungsi ulangan }//akhir program
Persegipanjang.java
package bangun; //nama package
import java.util.Scanner; //deklarasi awal untuk package scanner
import java.io.*;//deklarasi package i/o
public class Persegipanjang { //mendeklarasikan kelas persegi panjang
static int p; //mendeklarasikan panjang
static int l; //mendeklarasikan lebar
static int luas; //mendeklarasikan luas
static int keliling;//mendeklarasikan keliling
static double diagonal;//mendeklarasikan diagonal
static int p2; //mendeklarasikan hasil pangkat p
static int l2; //mendeklarasikan hasil pangkat l
public void info(){ // mendeklarasikan fungsi info
System.out.println("LUAS="+luas); //menampilkan luas
System.out.println("KELILING="+keliling); //menampilkan keliling
System.out.println("DIAGONAL="+diagonal); //menampilkan diagonal
}
public static void main (String [] args){ //mendeklarasikan fungsi utama
Scanner masuk=new Scanner(System.in); //membuat objek baru dari scanner
Persegipanjang s=new Persegipanjang(); //membuat objek baru dari Persegipanjang
System.out.println("Masukkan Panjang:"); //meminta input panjang
p=masuk.nextInt(); // memasukan nilai variabel p dari scanner
System.out.println("Masukkan Lebar:");//meminta input lebar
l=masuk.nextInt();// memasukan nilai variabel l dari scanner
luas=p*l;//proses menghitung luas
keliling=2*(p+l);//proses menghitung keliling
p2 =(int) Math.pow(p, 2);//menghitung pangkat p
l2 =(int) Math.pow(l, 2);//menghitung pangkat l
diagonal= Math.sqrt(p2+l2);//menghitung diagonal
s.info();//memanggil fungsi info
}
}
Persegi.java
package bangun; //nama package
import java.util.Scanner; //deklarasi awal untuk package scanner
import java.io.*;//deklarasi package i/o
public class persegi { //mendeklarasikan kelas persegi
static int s; //mendeklarasikan sisi
static int luas; //mendeklarasikan luas
static int keliling;//mendeklarasikan keliling
static double diagonal;//mendeklarasikan diagonal
static int s2; //mendeklarasikan hasil pangkat s
public void info(){ // mendeklarasikan fungsi info
System.out.println("LUAS="+luas); //menampilkan luas
System.out.println("KELILING="+keliling); //menampilkan keliling
System.out.println("DIAGONAL="+diagonal); //menampilkan diagonal
}
public static void main (String [] args){ //mendeklarasikan fungsi utama
Scanner masuk=new Scanner(System.in); //membuat objek baru dari scanner
persegi p=new persegi(); //membuat objek baru dari Persegi
System.out.println("Masukkan Sisi:"); //meminta input sisi
s=masuk.nextInt(); // memasukan nilai variabel s dari scanner
luas=(int) Math.pow(s, 2);//proses menghitung luas
keliling=4*s;//proses menghitung keliling
s2 =(int) Math.pow(s, 2);//menghitung pangkat s
diagonal= Math.sqrt(2*s2);//menghitung diagonal
p.info();//memanggil fungsi info
}
}
Segitiga.java
package bangun; //nama package
import java.util.Scanner; //deklarasi awal untuk package scanner
import java.io.*;//deklarasi package i/o
public class segitiga { //mendeklarasikan kelas segitiga
static int a; //mendeklarasikan alas
static int t; //mendeklarasikan tinggi
static int luas; //mendeklarasikan luas
static int keliling;//mendeklarasikan keliling
static double diagonal;//mendeklarasikan diagonal
static int a2; //mendeklarasikan hasil pangkat a
static int t2; //mendeklarasikan hasil pangkat t
public void info(){ // mendeklarasikan fungsi info
System.out.println("LUAS="+luas); //menampilkan luas
System.out.println("KELILING="+keliling); //menampilkan keliling
System.out.println("DIAGONAL="+diagonal); //menampilkan diagonal
}
public static void main (String [] args){ //mendeklarasikan fungsi utama
Scanner masuk=new Scanner(System.in); //membuat objek baru dari scanner
segitiga sg=new segitiga(); //membuat objek baru dari Persegi
System.out.println("Masukkan Alas:"); //meminta input alas
a=masuk.nextInt(); // memasukan nilai variabel a dari scanner
System.out.println("Masukkan Tinggi:"); //meminta input tinggi
t=masuk.nextInt(); // memasukan nilai variabel t dari scanner
luas=(a*t)/2;//proses menghitung luas
a2= (int) Math.pow(a, 2);//menghitung a2
t2= (int) Math.pow(t, 2);//menghitung t2
diagonal =Math.sqrt(a2+t2);//menghitung diagonal
keliling = (int) (a+t+diagonal);//menghitung keliling
sg.info();//memanggil fungsi info
}
}
Nah selesai, tinggal di run. Tentu saja kelas utamanya adalah Bangun.java. Sehingga tampilannya seperti di bawah ini

5 Comments
Luar biasa, salam kenal. Tks
ReplyDeleteLuar biasa, salam kenal. Tks
ReplyDeleteIya salam kenal juga ya :D
ReplyDeletekak riski makin manis ya :DDDDD
ReplyDeletetutorial bahasa C++ kk posting juga lahh :DD
haha makasih ya dek adek manis juga kok XD
ReplyDeleteiya nanti kalau ada waktu lagi. udah lama ga pegang c++ di entry yang lalu ada banyak kalau ga salah.