Recent Posts

Membuat Program Bangun Menggunakan Java

Program untuk membuat satu bangun tentunya sudah biasa. Namun bagaimana dengan program menghitung bangun yang memiliki pilihan bangun, apa itu segitiga? persegi? persegi panjang? berikut ini ada contohnya :D

Pertama buat kelas utamanya:

Bangun.java
//program menghitung keliling, luas dan diagonal bangun
package bangun;//nama package
import java.util.Scanner;//deklarasi awal untuk package scanner

public class Bangun
{
//deklarasi kelas Bangun static boolean ulang = true; //deklarasi variabel ulang dengan nilai true static int pil;//deklarasi nilai pil static char pil2;//deklarasi nilai pil2 public static void main(String[] args)
{//deklarasi fungsi utama Scanner masuk=new Scanner(System.in);//membuat objek dari scanner Bangun b = new Bangun();//membuat objek Bangun
do
{
//awal perulangan System.out.println("Masukkan pilihan anda!");//permintaan untuk memasukkan pilihan System.out.println("1. Persegi ");//menampilkan pilihan persegi System.out.println("2. Persegi panjang ");//menampilkan pilihan persegi panjang System.out.println("3. Segitiga ");//menampilkan pilihan segitiga System.out.println("4. Keluar ");//menampilkan pilihan keluar System.out.print(" : ");//menampilkan tempat inputan pil=masuk.nextInt();//membaca inputan
if (pil == 1)
{
//kondisi 1 persegi.main(args);//memanggil kelas persegi b.ulangan();//memanggil fungsi ulangan }//akhir kondisi 1
else if (pil == 2)
{//kondisi 2 Persegipanjang.main(args);//memanggil kelas Persegipanjang b.ulangan();//memanggil fungsi ulangan }//akhir kondisi 2
else if (pil == 3)
{//kondisi 3 segitiga.main(args);//memanggil kelas segitiga b.ulangan();//memanggil fungsi ulangan }//akhir kondisi 3
else
{//kondisi akhir System.exit(0);//keluar dari program }//akhir dari kondisi akhir } while (ulang == true);//syarat perulangan }//akhir dari fungsi utama public void ulangan()
{// mendeklarasikan fungsi ulangan Scanner masuk=new Scanner(System.in);//buat objek baru dari scanner System.out.println("Coba lagi?Y/N" );//meminta ulang atau tidak pil2=masuk.nextLine().charAt(0);//baca inputan if (pil2 =='Y') {//kondisi 'y' ulang = true;//perulangan dilanjutkan }//akhir kondisi 'y'
else if (pil2 == 'N') {//kondisi 'n' ulang = false;//perulangan distop }//akhir kondisi 'n'
else {//kondisi akhir System.out.println("Anda salah memasukkan pilihan");//tampilkan pesan error System.exit(0);//akhiri program }//akhir dari kondisi akhir }//akhir dari fungsi ulangan }//akhir program
Pada Program saya kali ini, bangun yang dipakai adalah persegi, persegi panjang dan segitiga. Kita bisa mengganti dengan bangun lain dan tentu saja dengan penyesuaian sintaks.

Persegipanjang.java
package bangun; //nama package
import java.util.Scanner; //deklarasi awal untuk package scanner
import java.io.*;//deklarasi package i/o

public class Persegipanjang { //mendeklarasikan kelas persegi panjang
 static int p; //mendeklarasikan panjang
 static int l; //mendeklarasikan lebar
  static int luas; //mendeklarasikan luas
  static int keliling;//mendeklarasikan keliling
  static double diagonal;//mendeklarasikan diagonal
  static int p2; //mendeklarasikan hasil pangkat p
  static int l2; //mendeklarasikan hasil pangkat l
  
  public void info(){ // mendeklarasikan fungsi info
      System.out.println("LUAS="+luas); //menampilkan luas
      System.out.println("KELILING="+keliling);  //menampilkan keliling
      System.out.println("DIAGONAL="+diagonal);  //menampilkan diagonal
  }
  public static void main (String [] args){ //mendeklarasikan fungsi utama
      Scanner masuk=new Scanner(System.in); //membuat objek baru dari scanner
      Persegipanjang s=new Persegipanjang(); //membuat objek baru dari Persegipanjang
      System.out.println("Masukkan Panjang:"); //meminta input panjang
      p=masuk.nextInt(); // memasukan nilai variabel p dari scanner
      System.out.println("Masukkan Lebar:");//meminta input lebar
      l=masuk.nextInt();// memasukan nilai variabel l dari scanner
    luas=p*l;//proses menghitung luas
    keliling=2*(p+l);//proses menghitung keliling
    p2 =(int) Math.pow(p, 2);//menghitung pangkat p
    l2 =(int) Math.pow(l, 2);//menghitung pangkat l
    diagonal= Math.sqrt(p2+l2);//menghitung diagonal
    s.info();//memanggil fungsi info
  }
}
Persegi.java
package bangun; //nama package
import java.util.Scanner; //deklarasi awal untuk package scanner
import java.io.*;//deklarasi package i/o

public class persegi { //mendeklarasikan kelas persegi
  static int s; //mendeklarasikan sisi
  static int luas; //mendeklarasikan luas
  static int keliling;//mendeklarasikan keliling
  static double diagonal;//mendeklarasikan diagonal
  static int s2; //mendeklarasikan hasil pangkat s
  
  public void info(){ // mendeklarasikan fungsi info
      System.out.println("LUAS="+luas); //menampilkan luas
      System.out.println("KELILING="+keliling);  //menampilkan keliling
      System.out.println("DIAGONAL="+diagonal);  //menampilkan diagonal
  }
  public static void main (String [] args){ //mendeklarasikan fungsi utama
      Scanner masuk=new Scanner(System.in); //membuat objek baru dari scanner
      persegi p=new persegi(); //membuat objek baru dari Persegi
      System.out.println("Masukkan Sisi:"); //meminta input sisi
      s=masuk.nextInt(); // memasukan nilai variabel s dari scanner
      luas=(int) Math.pow(s, 2);//proses menghitung luas
      keliling=4*s;//proses menghitung keliling
      s2 =(int) Math.pow(s, 2);//menghitung pangkat s
      diagonal= Math.sqrt(2*s2);//menghitung diagonal
      p.info();//memanggil fungsi info
  }
}

Segitiga.java
package bangun; //nama package
import java.util.Scanner; //deklarasi awal untuk package scanner
import java.io.*;//deklarasi package i/o

public class segitiga { //mendeklarasikan kelas segitiga
 static int a; //mendeklarasikan alas
 static int t; //mendeklarasikan tinggi
  static int luas; //mendeklarasikan luas
  static int keliling;//mendeklarasikan keliling
  static double diagonal;//mendeklarasikan diagonal
  static int a2; //mendeklarasikan hasil pangkat a
  static int t2; //mendeklarasikan hasil pangkat t
  
  public void info(){ // mendeklarasikan fungsi info
      System.out.println("LUAS="+luas); //menampilkan luas
      System.out.println("KELILING="+keliling);  //menampilkan keliling
      System.out.println("DIAGONAL="+diagonal);  //menampilkan diagonal
  }
  public static void main (String [] args){ //mendeklarasikan fungsi utama
      Scanner masuk=new Scanner(System.in); //membuat objek baru dari scanner
      segitiga sg=new segitiga(); //membuat objek baru dari Persegi
      System.out.println("Masukkan Alas:"); //meminta input alas
      a=masuk.nextInt(); // memasukan nilai variabel a dari scanner
      System.out.println("Masukkan Tinggi:"); //meminta input tinggi
      t=masuk.nextInt(); // memasukan nilai variabel t dari scanner
    luas=(a*t)/2;//proses menghitung luas
    a2= (int) Math.pow(a, 2);//menghitung a2
    t2= (int) Math.pow(t, 2);//menghitung t2
    diagonal =Math.sqrt(a2+t2);//menghitung diagonal
    keliling = (int) (a+t+diagonal);//menghitung keliling
    sg.info();//memanggil fungsi info
  }
}
Nah selesai, tinggal di run. Tentu saja kelas utamanya adalah Bangun.java. Sehingga tampilannya seperti di bawah ini

Post a Comment

5 Comments

  1. Luar biasa, salam kenal. Tks

    ReplyDelete
  2. Luar biasa, salam kenal. Tks

    ReplyDelete
  3. kak riski makin manis ya :DDDDD
    tutorial bahasa C++ kk posting juga lahh :DD

    ReplyDelete
  4. haha makasih ya dek adek manis juga kok XD
    iya nanti kalau ada waktu lagi. udah lama ga pegang c++ di entry yang lalu ada banyak kalau ga salah.

    ReplyDelete