Recent Posts

Jangan Umbar Data Pribadi anda di Jejaring Sosial!


Chatting di Yahoo! Messenger, berkenalan dengan teman di Facebook, Myspace, twitter memang menyenangkan. Tukar-tukaran kontak seperti YM, email sampai nomor handphone menjadi lumrah di sana. Tapi tahukah anda bahwa hal itu terkadang bisa menjadi bumerang bagi anda?

Komunikasi memang jadi lebih mudah dengan adanya internet, namun modus kejahatan pun makin berkembang. Pencurian identitas, hacking, spam adalah sebagian dari kejahatan yang ada di dunia maya. Salah satu penyebab dari kejahatan tersebut adalah pengumbaran data pribadi yang sensitif di dunia maya, khususnya jejaring sosial. Apalagi beberapa tahun belakangan ini lebih banyak orang yang menggunakan jejaring sosial dibanding membuka situs lain.


Berikut ini adalah data pribadi yang sebaiknya tidak usah diumbar/ditampilkan di profil jejaring sosial anda:

  1. Email
    Lebih baik menyediakan email lain khusus untuk sekedar berkenalan/berinteraksi dengan orang yang belum anda kenal daripada menggunakan email yang juga digunakan dalam banyak akun anda yang lain. Selain untuk mencegah spam, juga dapat menghindari pencurian identitas dan hacking.

  2. Nomor Hp/Rumah
    Di jejaring sosial ada banyak orang tidak dikenal. Seperti halnya di dunia nyata dimana kita tidak seharusnya memberikan nomor ponsel atau rumah kita kepada orang yang tidak dikenal, apalagi di dunia maya. Selain anda harus waspada akan penipuan melalui ponsel saat ini, tentunya anda tidak mau diganggu pesan/telpon dari orang yang tidak dikenal bukan?

  3. Alamat Rumah
    Mungkin di kalangan teman di dunia nyata hal ini bisa membantu teman anda menemukan lokasi rumah anda. Kalau anda menuliskan alamat rumah anda secara lengkap jelas sampai ke nomor rumah, siap-siap rumah anda untuk di masuki pencuri.

  4. Nama Ibu
    Dalam data perbankan, nama ibu masih dipakai terutama saat aplikasi kartu kredit. Berhati-hatilah saaf berbincang dengan orang yang tidak dikenal. Orang yang ingin mencuri informasi sensitif tentang anda biasanya bermulut manis dan bicaranya sok akrab. Tujuannya tak lain agar informasi sensitif anda bisa bocor tanpa anda sadari.
Sekian info dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca, agar bisa berhati-hati saat menaruh info di jejaring sosial.

Post a Comment

0 Comments