Recent Posts

Mengapa Harus Opensource?

Mungkin banyak yang bertanya-tanya tentang opensource. Apakah itu sebenarnya? tujuannya apa? dan mengapa sebuah produk sampai ada yang berlisensi opensource?

Berikut deskripsi dari wikipedia:

"Open source is a philosophy, or pragmatic methodology that promotes free redistribution and access to an end product's design and implementation details. Before the phrase open source became widely adopted, developers and producers used a variety of phrases to describe the concept; open source gained hold with the rise of the Internet, and the attendant need for massive retooling of the computing source code. Opening the source code enabled a self-enhancing diversity of production models, communication paths, and interactive communities. The open-source software movement was born to describe the environment that the new copyright, licensing, domain, and consumer issues created."

Jelas disebutkan bahwa opensource lahir di internet terutama berasal dari software yang bersifat opensource juga dokumentasi. Opensource memberi banyak keuntungan, dari pemrograman misalnya, orang bisa belajar banyak dengan adanya aplikasi opensource , belajar cara membuatnya maupun mengembangkannya. Itulah sebabnya banyak orang yang bisa belajar pemrograman, mendesain web meskipun hanya secara otodidak.

Ok, dari opensource ini kita bisa mendapatkan aplikasi dan kode dengan gratis, programmernya rugi dong?

Tidak, mereka masih mendapatkan uang dengan mengembangkan versi lain dari aplikasi opensource yang mereka buat, dengan fitur lebih daripada versi opensourcenya lalu dijual, berlisensi komersial gitulah. Dengan kata lain kalau bisa membuat aplikasi opensource bisa sekalian mempromosikan aplikasi versi komersialnya juga, hehehe...

Well, perkembangan opensource saat ini sangatlah pesat dan tumbuh di dalam banyak komunitas di internet saat ini. Dari sanalah kita juga bisa belajar banyak dan ikut tumbuh di dalamnya. Oleh karena itu, jika ingin sukses maka banyak belajarlah di komunitas, bangun hubungan dengan orang di dalamnya, pelajari ilmu yang didapatkan, Go Opensource!


Post a Comment

0 Comments