Recent Posts

Salah Kaprah Tentang Programmer di Kalangan Masyarakat Awam Indonesia

Dalam dunia programming, wajar saja masyarakat jadi beranggapan begini dan begini. Akan tetapi, ada beberapa hal yang salah kaprah, yang beredar di masyarakat Indonesia. Hal itu terkadang membuat kita pusing menjawabnya. Apa sajakah hal-hal tersebut? mari kita bahas disini.
                                           
                                                                           Reaksi Kamu Ketika Orang Salah Kaprah

1.
  Kamu Programmer Kan? Berarti Jago Photoshop/Microsoft Office dsb dong!
...
...
...
Oh maaf soalnya saya sering speechless saat mendengar ada yang bilang begitu.
Sebenarnya tidak ada salahnya memiliki kemampuan tersebut. Akan tetapi, kalau anda mengira bahwa programmer itu harus memiliki kemampuan-kemampuan tersebut dalam pekerjaannya secara umum maka anda salah besar.
Orang yang membuat perangkat lunak seperti Photoshop, Microsoft Office adalah programmer, sementara orang yang menggunakannya adalah user. Sekali lagi tidak ada salahnya kalau seorang programmer jago Photoshop atau Microsoft Office. Terutama kalau tidak ada UI Designer sehingga anda harus mendesign semuanya sendiri. Tapi kalau ada yang melamar posisi programmer dengan mengatakan bahwa skillnya adalah Photoshop/Microsoft Office anda akan ditertawakan.

2.
 Kamu Programmer Kan? Laptopku Rusak, Benerin Dong!
Seperti yang saya sebutkan di atas, tidak ada salahnya kalau selain jago ngoding, anda juga jago membetulkan komputer. Tapi software dan hardware itu berbeda. Kalau anda meminta tolong untuk membetulkan software mungkin masih mending, tapi kalau hardware? Pada dasarnya deskripsi pekerjaan seorang programmer bukanlah untuk membetulkan Disk Drive yang tidak mau keluar, keyboard yang tidak bisa ditekan lagi, dsb. Itu adalah pekerjaan seorang teknisi. Jadi kalau perusahaan sedang mencari IT Programmer yang juga bisa mengatasi masalah pada hardware, maka programmer tersebut juga harus merangkap sebagai teknisi.

3.
 Oklah, Saya Udah Mengerti. Tapi Karena Kamu Pintar Ngoding, Berarti Kamu Hafal Semua Sintaks Ya?
Pernah coba buka situs Java API di sini? https://docs.oracle.com/javase/7/docs/api/ . Apa menurut anda ada manusia yang bisa menghafal semua itu? Kalau ada mungkin jarang. Tapi pada dasarnya pemrograman itu logika bukan menghafal. Kenapa A bisa terjadi? Bagaimana menuju B? Mungkin itu adalah salah satu masalah yang harus dipecahkan untuk membuat suatu program. Lalu saat muncul variasi lain  , misalnya begini, yang biasanya menghafal cara jalan A ke B tiba-tiba harus membuat program cara jalan B ke C atau cara jalan B ke C ke A. Pasti akan kebingungan sendiri. Jadi pentingkanlah logika dibanding menghafal sintaks. Kalau sudah sering mengerjakan banyak coding lama lama ingat kok.

4.
     Jadi Yang Benar Gimana Sih?!
Jika posisi anda adalah orang yang ingin menjadi programmer, banyak banyak belajar lah dan jangan gampang puas saat bisa menguasai satu bahasa, tetap belajar. Jika posisi anda adalah orang yang ingin membayar seorang programmer tapi salah kaprah mungkin anda bisa mencoba memahami postingan blog ini, mencari di google atau membaca di Wikipedia tentang definisi apa itu programmer. Selain programmer juga ada yang namanya Software Engineer. Mungkin bisa dicoba baca sendiri perbedaannya.
Sekian opini saya, Mungkin penulis akan mengupdate lagi tulisan ini ke depannya. Feel free to visit this blog later :D

 


Post a Comment

5 Comments

  1. heheheh , sepertinya ini adalah curhatan sang ADMIN

    ReplyDelete
  2. Boleh dong, tapi relevan kan? :D

    ReplyDelete
  3. pengen blajar tentang programmer tapi susah kyanya eh. thanks infonya min, brmanfaat bagi pemula kya saya :)

    izin share blog min http://ititudisini.blogspot.co.id/

    ReplyDelete