Recent Posts

Ending Ketiga Permainan Libretta

Sudahkah anda memainkan permainan Libretta? Permainan yang dikembangkan oleh penerjemah permainan RPGMaker berbahasa Jepang yang dikenal sebagai vgperson ini lumayan asyik untuk dimainkan apabila anda tidak keberatan dengan grafik 2D mirip permainan RPG jaman Playstation dulu. Permainan ini bercerita tentang seorang gadis yang tersesat di perpustakaan dan akhirnya tersesat di dunia yang aneh.

Saya asumsikan pembaca sudah menyelesaikan kedua ending yang disebut di dalam walkthrough vgperson. Apabila belum, maka segera tutuplah halaman blog ini supaya tidak melihat spoiler. Awalnya saya membaca mengenai ending ketiga itu dari sini. Akan tetapi, belum dapat dikonfirmasi hal apa saja yang menyebabkan kondisi pertama dari ending ini bisa terjadi. Penulis telah mencoba sekitar tiga kali lalu mendapatkan kesimpulan bahwa ending ketiga bisa terjadi apabila kita melakukan langkah seperti berikut ini.
  1. Semuanya di mulai dari chapter Journey, saat anda melihat ada seorang anak perempuan berbaju putih menghalangi,  maka langsung saja menuju ruangan dimana ada piano, buka kunci pintu di atasnya. Bacalah buku putih yang ada disana sampai selesai. Begitu anda keluar, maka anda akan mendapati bahwa gadis itu sudah mati. Cobalah cek mayat gadis tersebut.
  2. Saat anda memasuki ruangan gelap dimana terdapat ember, ambillah ember tersebut lebih dahulu lalu keluar/ biarkan hingga lampu senternya mati. Setelah itu masuklah kembali untuk mencapai saklar lampu tapi jangan hidupkan sampai kira-kira lampu senternya hampir mati, lalu hidupkan. Cek mayat dan kertas yang ada di sebelahnya.
  3. Saat anda menyelesaikan puzzle hairdryer, keluarlah lalu anda akan mendengarkan suara sesuatu jatuh. Kembalilah ke ruangan tersebut. Cek bak mandi dan kertas di sebelahnya.
  4. Saat berada di ruangan cermin matikan lampu sesuai dengan arah yang disebutkan cermin, hidupkan kembali. Cek mayat anak laki-laki tersebut dan kertas di sebelahnya. Keluar dari ruangan itu dan masuklah lagi. Coba matikan lampu lagi sesuai arah yang disebutkan cermin. Hidupkan lagi lalu cek mayat anak perempuan dan kertas di sebelahnya. 
  5. Apabila semua telah dilakukan, maka setelah bermain Shirigory dengan Inevit dan mengklik buku abu-abu anda akan mendapatkan pisau. Ambil pisau itu biarpun Libra merasakan ada perasaan yang sangat tidak enak.
  6. Teruskan permainan seperti biasa tapi jangan baca semua dongeng yang berada di tepat sebelum ruangan save point.
  7. Naik ke atas dan save. Teruskan sampai akhir. 
  8. Nikmati endingnya yang mungkin akan menyebabkan perasaan anda menjadi tidak enak.

Post a Comment

0 Comments