Recent Posts

Dilema Antara Facebook Canvas dan Connect

Beberapa hari yang lalu saya dikejutkan dengan berita dari wallpost mengenai kebijakan baru facebook yang berkaitan dengan browser game yang saya mainkan. Penasaran, saya membuka dan membacanya dengan teliti.

Ternyata kebijakan terbaru itu kira-kira intinya seperti ini : mulai dari tanggal 5 Desember setiap aplikasi tidak bisa memiliki dua versi canvas dan connect sekaligus.

Hal ini mengacu pada Term of Services Facebook no 13a dan 13b : https://developers.facebook.com/policy/

Apa yang dimaksud dengan versi canvas dan versi connect ini?

Di dalam versi canvas, pengguna aplikasi akan dibawa ke halaman dengan format : apps.facebook.com/nama_aplikasi. Dengan kata lain aplikasi dijalankan diatas halaman canvas facebook, oleh karena itu ia disebut versi facebook canvas. Cukup buka facebook, klik aplikasi yang diinginkan dan voila! Fitur lain yang disediakan facebook canvas adalah donasi untuk game/aplikasi yang ada dapat menggunakan facebook credit dan beberapa jalur lain yang disediakan oleh facebook. Dari sini 30% dari hasil donasi akan masuk ke facebook.

Sementara pada facebook connect, pengguna aplikasi akan dibawa ke situs asli dari game tersebut, dengan format : namaaplikasi.com . Ia dijalankan di situs eksternal namun menggunakan koneksi dengan facebook. Pengguna harus terlebih dahulu login agar bisa masuk ke situs ini. Pada versi ini, jalur donasi yang disediakan terbatas. Namun 100% hasil donasi akan masuk ke game developer. Biasanya juga disediakan fitur khusus yang tidak ada di versi canvasnya.

Berdasarkan dari kedua perbedaan diatas, pasti anda sendiri tahu apa yang terjadi jika anda memilih salah satu dari keduanya. Saat memilih, maka pilihan itu akan fixed dan tidak bisa diubah lagi.

Masih bingung untuk memilih? pertimbangkan hal berikut : 

Jika anda lebih suka donasi melalui metode pembayaran yang disediakan facebook, maka pilihlah facebook canvas, namun anda tidak bisa menikmati fitur khusus yang disediakan di facebook connect. Selain itu anda jadi tidak bisa bertransaksi dengan pemain yang memakai fitur facebook connect.

Jika anda tidak masalah dengan donasi dan menyukai fitur khusus yang disediakan di situs aslinya, maka pilihlah facebook connect. Mayoritas pemain/pengguna aplikasi saat ini lebih memilih versi ini. Namun, anda juga tidak bisa bertransaksi dengan pemain yang memakai fitur facebook canvas. Perbedaan lainnya adalah feed dari game tersebut tidak akan dipos ke wall facebook lagi.

Post a Comment

0 Comments