Recent Posts

Aplikasi Facebook yang Harus Dihindari

Ada banyak aplikasi yang berada di facebook : permainan, ramalan zodiak, sifat berdasarkan golongan darah, sampai ke aplikasi tes iq dsb. Namun, tahukah anda bahwa ada beberapa aplikasi yang harus anda hindari?

Anda tentunya tahu bahwa setiap aplikasi mengambil informasi pribadi anda yang berada di facebook mulai dari informasi umum sampai ke informasi tentang profil teman. Semua itu tergantung dari tiap aplikasi dan dapat anda lihat pada saat pertama kali aplikasi ini meminta izin untuk mengambil informasi tentang anda.

Berikut ini adalah contoh bagian informasi yang akan diambil dari sebuah aplikasi.

Beberapa informasi diatas tidak seharusnya anda izinkan untuk diakses oleh aplikasi tersebut, misalnya email foto, sampai ke foto yang dibagikan dengan anda yang biasanya hanya bisa diakses oleh anda dan teman anda, namun sekarang sudah bebas diakses oleh aplikasi pihak ketiga. Jadi ada baiknya kalau aplikasi seperti ini dihindari.
 
Harap juga memperhatikan term of service setiap aplikasi yang ingin anda setujui. Karena terkadang ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Misalnya aplikasi itu akan menyimpan informasi pribadi kita yang telah diambil dsb. Memang banyak aplikasi yang sembarangan membuat kebijakan dalam mengambil informasi kita dan membuat ToS yang mengecoh, akan tetapi sebagai pengguna kitalah yang seharusnya bijak dan teliti sebelum terlambat.

Post a Comment

0 Comments