Untuk mengidentifikasi masalah,
harus dilakukan analisis terhadap kinerja, informasi, ekonomi, keamanan
aplikasi, efisiensi dan pelayanan pelanggan. Penduan ini dikenal dengan
analisis PIECES ( performance, information, economy, control,
eficiency, dan services ). Dari analisis
ini biasanya didapatkan beberapa masalah utama. Hal ini penting karena biasanya
yang muncul dipermukaan bukan masalah utama, tetapi hanya gejala dari masalah
utama saja.
Analisis Kinerja
Masalah kinerja terjadi ketika tugas-tugas bisnis yang dijalankan tidak mencapai sasaran. Kinerja diukur dengan jumlah produksi dan waktu tanggap. Jumlah produksi adalah jumlah pekerjaan yang bisa diselesaikan selama jangka waktu tertentu. Pada bagian pemasaran, kinerja diukur berdasarkan volume pekerjaan, pangsa pasar yang diarih, atau citra perusahaan. Waktu tanggap adalah keterlambatan rata-rata antara suatu transaksi dengan tanggapan yang diberikan kepada transaksi tersebut.
Masalah kinerja terjadi ketika tugas-tugas bisnis yang dijalankan tidak mencapai sasaran. Kinerja diukur dengan jumlah produksi dan waktu tanggap. Jumlah produksi adalah jumlah pekerjaan yang bisa diselesaikan selama jangka waktu tertentu. Pada bagian pemasaran, kinerja diukur berdasarkan volume pekerjaan, pangsa pasar yang diarih, atau citra perusahaan. Waktu tanggap adalah keterlambatan rata-rata antara suatu transaksi dengan tanggapan yang diberikan kepada transaksi tersebut.
Analisis Informasi
Evaluasi terhadap kemampuan
sistem informasi dalam menghasilkan informasi yang bermanfaat perlu dilakukan
untuk menyikapi peluang dan menangani masalah yang muncul.Situasi yang
membutuhkan peningkatan informasi meliputi:
- Kurangnya informasi mengenai keputusan atau
situasi yang sekarang .
- Kurangnya informasi yang relevan mengenai
keputusan ataupun situasi sekarang.
- Kurangnya informasi yang tepat waktu.
- Terlalu banyak informasi.
- Informasi tidak akurat
Analisis Ekonomi
Alasan ekonomi barangkali merupakan motivasi paling umum bagi suatu proyek. Pijakan dasar bagi kebanyakan manajer adalah biaya atau rupiah. Persoalan ekonomis dan peluang berkaitan dengan masalah biaya. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dapat disimak berikut:
Alasan ekonomi barangkali merupakan motivasi paling umum bagi suatu proyek. Pijakan dasar bagi kebanyakan manajer adalah biaya atau rupiah. Persoalan ekonomis dan peluang berkaitan dengan masalah biaya. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dapat disimak berikut:
Biaya :
- Biaya tidak di ketahui .
- Biaya tidak dapat dilacak ke sumber.
- Biaya terlalu tinggi .
Keuntungan:
- Pasar-pasar baru dapat di eksplorasi.
- Pemasaran saat ini dapat diperbaiki .
- Pesanan-pesanan dapat di tingkatkan
Analisis Keamanan
Tugas-tugas bisnis perlu
dimonitor dan dibetulkan jika ditemukan kinerja yang dibawah standar. Kontrol
dipasang untuk meningkatkan kinerja sistem, mencegah, atau mendeteksi kesalahan
sistem, menjamin keamanan data, informasi, dan persyaratan. Adapun hal-hal yang
perlu diperhatikan adalah:
- Input data tidak di edit dengan cukup .
- Kejahatan(misalnya, penggelapan atau
pencurian) terhadap data.
- Pelanggaran etika pada data dan informasi .
Misalnya, data atau informasi diakses orang yang tidak berwenang.
- Data tersimpan secara berlebihan, tidak
konsisten pada file-file atau database-database yang berbeda.
- Pelanggaran peraturan atau panduan privasi
data.
- Terjadi kesalahan data pada saat pemrosesan
(oleh manusia, mesin, atau perangkat lunak).
- Terjadi kesalahan saat membuat keputusan .
Analisis Efisiensi
Efisiensi menyangkut bagaimana
menghasilkan output sebanyak-banyaknya dengan input yang sekecil mungkin.
Berikut ini adalah indikasi bahwa suatu sistem dapat dikatakan tidak efisien:
- Banyak waktu terbuang pada aktifitas sumber
daya manusia, mesin dan komputer .
- Data diinput atau disalin secara berlebihan .
- Data diproses secara berlebihan .
- Informasi dihasilkan secara berlebihan .
- Usaha yang dibutuhkan untuk tugas-tugas
terlalu berlebihan.
- Material yang dibutuhkan untuk tugas-tugas
terlalu berlebihan.
Analisis Layanan
Berikut adalah beberapa kriteria
penilaian dimana kualitas suatu sistem bisa dikatakan buruk :
- Sistem menghasilkan produk yang tidak akurat .
- Sistem menghasilkan produk yang tidak
konsisten .
- Sistem menghasilkan produk yang tidak
dipercaya .
- Sistem sulit di fahami .
- Sistem sulit digunakan.
- Sistem tidak fleksibel .
0 Comments