Recent Posts

Menambahkan Background di Terminal Ubuntu Linux

Bosen dengan tampilan terminal yang gitu-gitu aja? jadinya ga semangat buat mengetik apapun disana? Tenang saja, kali ini saya akan membagikan tips bagaimana membuat penampilan terminal di Linux(dalam hal ini saya menggunakan Ubuntu) lebih menarik dengan menambahkan background. Caranya gampang, ikuti saja langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan gambar yang akan menjadi background di terminal
  2. Bukalah terminal, siapkan profil yang akan diberi background. Lalu klik Edit, pilih tab Profiles. Pilihlah profil manapun yang ingin diberi background, klik Edit lagi.
  3. Ok, disini kita mulai mengatur skema warna dari terminal dengan memilih tab Colors, supaya nyatu dengan gambar background. Kalau gambarnya cenderung lebih terang/background warna putih lebih baik, fontnya berwarna hitam/gelap. Sebaliknya kalau lebih gelap ya fontnya warna terang aja, tapi sederhana.

  4. Selanjutnya baru ke tab Background, pilih Background image, dan image filenya. Kalau bisa sih yang ada di folder home, soalnya biar tiap kali buka terminal ga usah repot-repot mount disk tempat penyimpanan background itu. Hilangkan tanda centang di Background image scrolls bila tidak ingin background imagenya bisa discroll, kalau tidak keberatan dengan itu ya biarkan saja. Terakhir setkan transparansi dari gambar backgroundnya.DI profil pada contoh, saya menggunakan transparansi sedang

  5. Klik, close. Jalankan profil yang sudah diberi background dan tada! Terminal kita pun menjadi lebih menarik dengan adanya background. Jadi semangat buat ngetik kan?

Post a Comment

0 Comments