Recent Posts

Plus Minus Browser Game

Dunia internet menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari gaya hidup masyarakat saat ini. Banyak diantara masyarakat saat ini menggunakan jejaring sosial, bisnis online, sampai permainan online.

Permainan online sudah ada sejak lama dan menjadi bagian dari gaya hidup gamer yang menginginkan tantangan lebih dengan berkompetisi dengan pemain lain dari seluruh dunia. Ada dua tipe game online : browser dan game yang menggunakan client.

Game yang menggunakan browser seperti travian, koihime musou atau game game FB. Sementara yang menggunakan client dan server seperti Ragnarok Online, Elsword Online, Point Blank dsb.

Seringkali saat memainkan permainan yang membutuhkan client dan server, kita harus capek mendownload dalam ukuran yang sangat besar. Belum lagi kalau filenya sampai corrupt atau download berhenti di tengah jalan maka harus diulang dari awal lagi. Selain itu juga tidak fleksibel karena bila gamer ingin memainkan di komputer lain yang tidak ada client game tersebut maka harus repot-repot mengcopy file atau malah kalau sedang jauh dari komputer yang menyimpan filenya harus mendownload lagi.

Maka permainan browser pun bisa menjadi pilihan, dimana pemain hanya membutuhkan koneksi internet dan plugin tambahan, misalnya flash player untuk memainkannya. Dimanapun dan kapanpun selama ada koneksi internet. 
 
Namun biasanya permainan browser itu lebih sederhana, bahkan sebagian besar 2D, interaksi di dalam permainan lebih minim. Selain itu cepat menghabiskan kuota internet. Karena pada game dengan client-server hanya sekali download, maka map, character dsb sudah tersimpan di dalam client. Sementara pada browser game harus diload berkali-kali.

Tiap-tiap tipe permainan memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Soal pemilihan sebenarnya hanya masalah selera dan kebutuhan dari tiap gamer/pemain.

Post a Comment

0 Comments