Recent Posts

Mengoptimisasikan Baterai dengan BatteryCare

 Baterai adalah salah satu komponen penting pada laptop kita. Dengan adanya baterai tersebutlah, kita bisa menggunakan laptop di luar ruangan yang tidak ada charger, tentu saja menghabiskan daya baterai tersebut.

Namun, tentu saja merawat dan mengoptimisasikan baterai adalah hal yang penting. Untuk itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu kondisinya yang bisa dilihat saat baterai terpasang menggunakan aplikasi tertentu. Di sistem operasi manapun, pastinya tersedia paling tidak satu aplikasi bawaan yang dapat digunakan untuk melihat kondisi baterai. Tetapi seringkali ditemukan bahwa aplikasi tersebut tidak menyediakan informasi tentang baterai secara mendetil, seberapa besar wear levelnya, kapasitasnya, dsb.

Untuk itulah kita menggunakan aplikasi lain yang bisa didownload dan diinstall pada laptop kita. Dalam hal ini saya menggunakan BatteryCare. Aplikasi ini merupakan aplikasi freeware yang digunakan untuk mengoptimisasikan kerja dan penggunaan baterai laptop. Aplikasi ini bisa di didownload disini (kompatibel dengan Windows XP dan Windows 7)


Tinggal ikuti langkah-langkah instalasinya selesai deh.

Nantinya aplikasinya akan berjalan di background dan tampilan awalnya saat klik kiri seperti ini

Kelebihan dari aplikasi ini adalah ringannya ukuran aplikasi ini, informasi mengenai baterai yang mendetil termasuk seberapa panasnya laptop dan HDD juga ada informasi tentang jumlah siklus pengosongan baterai(discharge) dari sebuah baterai laptop. Sekitar 30 kali pengosongan maka akan keluar notifikasi bahwa sudah saatnya kita melakukan kalibrasi.

Semoga informasi ini bisa berguna.


Post a Comment

0 Comments